make passion

Jakarta, kota yang begitu sibuk. Big Apple-nya Indonesia ini tak pernah tertidur lelap. Dari sudut hingga sudut dapat selalu kita temukan aktivitas, mulai subuh hingga subuh lagi. Pemandangan yang tak asing di ibukota ini bagi warganya adalah kemacetan. Rush hour pada pagi dan petang begitu memusingkan dan menjadi tekanan bagi penduduknya. Pasalnya, pada jam-jam itu para penduduknya keluar berhamburan dari rumah mereka menuju kantor-kantornya, mencari nafkah demi menghidupi keluarganya. Dengan mata-mata kuyu kelelahan karena lembur semalam, para tukang bangunan, pegawai kantor, office boy, manajer operasional dan sebagainya menuju tempat kerja mereka.

Untuk apa mereka semua berjuang keras membanting tulang mengejar uang yang punya 4 kaki sedangkan yang mengejar hanya mempunyai 2 kaki, pasti membutuhkan effort yang besar untuk menangkapnya. Ya, uanglah alasan utamanya. Kalau kita bertanya kepada para pemburu uang itu apakah mereka melakukannya dengan sepenuh hati mereka? Apakah mereka tidak stress dengan tekanan-tekanan deadline dari atasannya? Apakah mereka bahagia ketika menjalankan profesinya tersebut? Kalau mereka bilang mereka bahagia ketika melakukannya, tapi apakah mereka rela apabila melakukan profesinya tanpa digaji sepeser pun? Pasti TIDAK! Mereka melakukan semua hal tersebut demi 4 huruf : UANG.

Sekarang, mengapa mereka tidak mencari kebahagian melalui kegiatan atau profesi yang mereka geluti. Ya! Bahagia dan menghasilkan uang tanpa harus meninggalkan keluarga. Sehingga mereka memiliki waktu berkualitas untuk mendidik anak-anak. Padahal seharusnya dari rumah anak-anak memulai pendidikannya.

Jadi apa yang harus mereka lakukan agar mereka merasa bahagia dalam menjalankan aktivitasnya? Jawabannya adalah dengan PASSION. Yup passion!

Find-Your-Passion-44435605

LALU, Apa itu Passion?

Sederhananya, Passion bukanlah segala sesuatu yang kita kuasai, namun yang kita cintai. Passion juga merupakan salah satu unsur karir, karir haruslah melibatkan passion, tujuan hidup, values (nilai-nilai), ketercapaian, dan kebahagiaan. Maka dari itu, segala aktivitas yang digeluti dengan passion akan menghasilkan cinta dan memberikan makna bagi pelaku dan sasaran dari kegiatan atau profesi tersebut. Karena orientasi dari aktivitas passion tersebut bukan hanya sekedar mengejar hal-hal duniawi dan materi.

Kabar baiknya temen-temen kita ga perlu pusing muter-muter mencari passion itu, karena sebenarnya passion tersebut ada dalam diri kita. Yang perlu kita lakukan adalah menggali dan mengasah diri kita untuk menemukan passion apa yang kita miliki. Memang tidak mudah dan membutuhkan menemukan passion dalam diri, sampai-sampai ada seorang trainer yang menyadari passionnnya di dunia training setelah ia  menggeluti profesinya sebagai trainer selama 7 tahun. Tapi kalau kita tidak berusaha memulai kapan kita akan mencapai.

Kalian tau  pakar parenting Indonesia?

Ayah Edy.

Sebelum menemukan passionnya di dunia parenting, Ayah Edy sempat bekerja bertahun-tahun menjadi seorang Accounting di sebuah perusahaan. Setelah menyadari passionnya adalah di dunia parenting Ayah Edy menjadi ahli dibidang yang dicintainya tersebut. Dengan berbekal mimpinya untuk ‘Membangun Indonesia Kuat dari Keluarga’ Ayah Edy membentuk sebuah komunitas Indonesian Stong From House (ISFH). Dengan komunitas ISFH tersebut Ayah Edy menginspirasi para orangtua untuk peduli pada pendidikan anak dan memulai pendidikan dari rumah. Kini Ayah Edy sudah menghasilkan buku-buku, memberikan banyak seminar dan workshop parenting kepada para orangtua di seluruh Indonesia.

Jadi, sesulit apapun pencarian passion berusahalah untuk menemukannya. Karena, ketika kita telah menemukan passion tersebut kita akan merasa bahagia menjalaninya dan aktivitas yang kita lakukan akan meaningful alias bermakna bagi orang banyak. Dengan passion, tantangan sebesar apapun yang kita hadapi dalam pencapaian visi kita akan menjadi kecil. Dan bagi kamu yang sudah menemukan passion-mu, perdalamlah dan sebarkan manfaat yang lebih banyak lagi.

live-with-passion

So, keep fight to find your passion and do it passionately!!

@nesyaahmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *