yes I'm leader

Secara bahasa ‘take leadership’ berasal dari dua kata, ambil dan kepemimpinan. Sebelum kita masuk lebih jauh tentang take leadership kita juga harus tau maksud dari kepemimpinan itu sendiri diartikan seperti apa.

ada yang mengatakan “Pemimpin itu berbeda dengan jabatan..”

yup benar sekali, pemimpin adalah sebuah sikap yang menghasilkan sebuah karya. Pemimpin adalah sang provokator, pemimpin adalah orang yang punya pengaruh dalam aktivitasnya..

jelas berbeda toh dengan jabatan, jabatan hanya sebuah kedudukan, dan setiap orang bisa mendapatkannya dengan mudah. Tapi sikap sebagai pemimpin, butuh proses panjang untuk benar-benar mendarah daging dan menjadi suatu kebiasaan.

Nah sekarang sudah paham apa itu pemimpin?

Everyone is leader?

Yes.

Pada dasarnya setiap manusia adalah pemimpin.

Nah sekarang kalau kita sudah yakin bahwa kita adalah seorang pemimpin . itu artinya kita harus buktikan itu semua dengan sikap kepemimpinan kita, terutama dan minimal mungkin pemimpin bagi dirinya sendiri.
Kalau diartikan secara keseluruhan take leadership berarti mengambil sikap pemimpin..

Pemimpin itu

intinya adalah,

“Do something..”

atau bisa juga kita sebutnya mengambil alih tanggung jawab,

Tapi yang diutamakan kita harus kerjakan tanggung jawab dulu Baru setelah itu bantu yang lain untuk mengambil alih tanggung jawab atau membantu yang lain jika itu memungkinkan, harus jadi Good Team Player dimanapun posisi kita, kita harus punya kemampuan untuk mencetak gol, sekalipun posisi kita sebagai defender atau keeper.

Ada hal-hal atau sikap yang wajib kita kembangkan untuk menerapkan yang namanya take leadership.

Salah satunya adalah rasa inisiatif yang tinggi, dialah orang pertama yang bergerak disaat yang lain terdiam, dialah sang inisiator yang punya kepekaan yang tinggi terhadap tugas dan tanggung jawab, sekalipun itu bukan tanggung jawabnya. saat ia melihat ada yang salah maka cepat-cepat ia memperbaikinya tanpa harus menunggu yang lain, apa lagi menunggu untuk disuruh..
Yang kedua, saat kita punya inisiatif yang tinggi, ada satu lagi yang musti kita kembangkan, kemampuan improvisasi..

inisiatif saja tidak cukup, karena kita butuh kreativitas dan inovasi yang tinggi dalam bekerja.

Seorang inisiator adalah orang pertama yang melakukan dan mengambil alih sebuah tanggung jawab. Sudah pasti setiap yang ia lakukan pasti hanya dari akal pikiran orang tersebut, tanpa adanya masukan atau nasihat dari teman-teman yang lain..

untuk itu kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan untuk hasil kerja yang optimal. Dan sebenarnya masih banyak lagi sifat-sifat yang harus kita miliki untuk menjadi seorang yang terbiasa dalam take leadership, tapi saya yakin hanya dengan kita mengembangkan dua kemampuan ini hasilnya pasti akan luar biasa..

kita pasti bisa menjadi Manusia dahsyat full manfaat..

Talk less, do more..

Dari penjelasan yang panjang lebar diatas sebenarnya inti dari take leadership tuh adalah “Talk less, do more..”.

No Reason For Being a Leader.. ok

take-me-to-your-leader

Remember, talk less do more..

(@andradpratama)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *