Launching Kumpulan Cerpen YOUTHCARE Situbondo 13

YOUTHCAREINTERNATIONAL.COM – Situbondo, (14/11) Bulan bahasa merupakan bulan yang berkaitan erat dengan sejarah bahasa bangsa Indonesia yaitu Sumpah pemuda yang terjadi pada tanggal 28 oktober 1928. Salah satu isinya yaitu menyatakan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional sekaligus bahasa pemersatu bangsa. Oleh karena itu, pada bulan oktober biasa diperingati sebagai bulan Bahasa.

Rendahnya minat baca menjadi faktor yang utama. Dengan demikian fenomena tersebut di atas, mendorong kami untuk meningkatkan minat baca pelajar dengan karya-karya bermutu yang dihasilkan oleh teman mereka sendiri dan meningkatkan kecintaan mereka terhadap Bahasa Indonesia. Misi ini kami tuangkan dalam serangkaian acara Gebyar Bulan Bahasa 2013.

Kegiatan GEBYAR BULAN BAHASA ini diikuti oleh 78 Peserta dari 8 Sekolah, dari : SMA N 1 SITUBONDO, SMA N 2 SITUBONDO, SMA N 1 PANJI, SMK N 1 PANJI, SMA N1 SUBOH, SMA N 1 BESUKI, SMA IBRAHIMY, SMA N 1 PANARUKAN, SMA MISBAHUL ULUM, SMP N 3 SITUBONDO. Mereka mengadakan pelatihan kepenulisan dan pembuatan cerpen, dilaksanakan pada tangal 1 September 2013 lalu di Aula Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Dinas Pariwisata, Kebudyaaan, Pemuda dan Olahraga dan YOUTHCARE Situbondo.

Mengangkat tema “Pembentukan karakter bangsa  melalui peningkatan kualitas bahasa dan sastra IndonesiaGebyar Bulan Bahasa 2013 dilaksanakan. Dan sebagai karya nyata, mereka menghasilkan Kumpulan Cerpen “ANAK PASIR” yang merupakan kumpulan 20 cerpen terbaik yang diikutsertakan dalam lomba cerpen di acara tersebut. Dan bukan hanya itu, mereka membentuk suatu komunitas kepenulisan pelajar situbondo dengan nama FORUM PENULIS SITUBONDO (FORPENS) yang di-Launching  pada tanggal 14 November 2013 kemarin. Acara Launching ini juga dihadiri oleh Ibu Kepala Perpustakaan Daerah Situbondo dan Bupati Situbondo.

Mereka berharap dengan adanya kegiatan ini, minat para pelajar terhadap sastra dan bahasa meningkat sehingga mereka dapat melestarikan bahasa Indonesia sebagai bahasa Bangsa Indonesia yang begitu indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *